Bisnis

Harga Udang Windu di Cold Storage Masih Mengacu Kesepakatan Bersama

Oleh: Rustan Editor: Rustam Sayuti 06 Dec 2023 - 13:26 Tarakan
Harga Udang Windu di Cold Storage Masih Mengacu Kesepakatan Bersama
Rapat Satgas Stabilitasi Harga Udang Provinsi Kaltara mengevaluasi harga udang. (foto: IST)

KBRN, Tarakan : Ketua Satuan Tugas (Satgas) Stabilitasi Harga Udang Provinsi Kaltara, Bustan memastikan, harga udang windu di cold storage masih menggunakan harga kesepakatan bersama.

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi Satgas Stabilisasi Harga Udang Provinsi Kaltara di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Pelabuhan Tengkayu II (Perikanan) Tarakan, beberapa hari lalu.

β€œHarga udang di provinsi Kaltara di cold storage masih mengacu pada harga kesepakatan bersama,”  ujar Bustan kepada RRI Tarakan, Rabu (6/12/2023).

Diakuinya, harga udang windu sempat turun. Akan tetapi pada Oktober sampai dengan sekarang, masih mengacu pada harga kesepakatan bersama yang dicapai pada 29 Mei 2023.

Ia mencontohkan, per 1 Desember 2023, harga udang windu size 15 Rp 175 ribu perkilogram,  size 20 Rp 152 ribu perkilogram size 25 Rp 132 ribu perkilogram hingga pada size 100 Rp 61 ribu perkilogram. Selain itu, untuk harga udang black pink size 200 Rp 37 ribu perkilogram.

Ia menegaskan, tidak ada tabel harga udang yang keluar tanpa kesepakatan bersama. Jika nantinya ada perubahan harga, maka pihaknya akan menggelar rapat mengevaluasi ulang.

Bustan juga menegaskan, pihaknya akan terus memantau data harga udang di lapangan melalui tim teknis. Hasilnya akan dirapatkan kembali.

Tidak dipungkirinya, harga udang di Kaltara dipengaruhi oleh pasar dunia, di mana saat ini terjadi penurunan harga. Akan tetapi Pemprov Kaltara dan seluruh stakeholder berupaya menjaga kestabilan harga. (Rajab)