Daerah

Harry Silooy Lantik BPC IKEMAL Sorong Selatan Periode 2023-2028

Oleh: Ridho Nukuhaly Editor: Wahyudi 21 Nov 2023 - 09:52 Sorong
Harry Silooy Lantik BPC IKEMAL Sorong Selatan Periode 2023-2028
Pelantikan BPC Ikemal Kabupaten Sorong Selatan periode 2023-2028.

KBRN, Teminabuan: Sekretaris Umum Ikemal Papua Harry Silooy melantik Badan Pengurus Cabang (BPC) Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Sorong Selatan Papua Barat Daya periode 2023-2028, bertempat di gedung putih, Teminabuan. Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutannya Harry Silooy mengatakan, Ikemal Sorong Selatan menjadi pengurus cabang ke 15 yang telah dilakukan pelantikan, diakui ada beberapa kabupaten di tanah Papua yang juga akan dilakukan pelantikan pengurus cabang Ikemal.

“Ikemal Sorong Selatan ini yang ke 15, kami masih menunggu untuk akan melantik Fak-fak, Maybrat, Manokwari, Manokwari Selatan, Wondama, kemudian daerah gunung Tolikara dan sebagainya itu sudah menyiapkan diri tapi kemungkinan besar awal tahun depan kami laksanakan itu”. ungkapnya

Dengan demikian lanjutnya, Ikemal hanya memiliki satu tujuan yakni mendukung program pemerintah dan bersama TNI/Polri menjaga keamanan di daerah.

“Ikatan Keluarga Maluku mempunyai satu tujuan yaitu, mendukung semua program yang dilaksanakan oleh pemerintah juga TNI/Polri dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan untuk semua warga. Orang Maluku hadir disini tidak jadi bomerang atau batu sandungan bagi masyarakat setempat ataupun yang lain, tetapi orang Maluku hadir memberikan kecerahan, memberikan suka cita untuk basudara-basudara yang ada”. ujarnya


Penyerahan parang salawaku oleh Sekum Ikemal Papua Harry Silooy kepada Ketua Cabang Muhammad A Kilian.


Sementara itu Ketua Badan Pengurus Cabang Ikemal Sorong Selatan Muhammad A Kilian mengungkapkan, perubahan nama organisasi Ikatan Keluarga Indonesia Maluku (Ikim) ke Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) sesuai dengan struktur organisasi pusat yang diikuti pengurus cabang.

“Dengan adanya pelantikan hari ini maka secara resmi Ikatan Keluarga Indonesia Maluku (Ikim) Sorong Selatan yang katong cintai telah berlalu, nama Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Sorong Selatan karena terstruktur dari pusat hingga ke daerah-daerah, sehingga katong yang ada di Sorong Selatan juga wajib hukumnya mengikuti”. katanya

Sehubungan dengan itu melalui rapat musyawarah terbatas warga Maluku dengan kesepakatan bersama, dirinya ditunjuk untuk melanjutkan amanah sebagai ketua cabang Ikemal Sorong Selatan periode 2023-2028.

“Melalui rapat musyawarah terbatas warga Maluku yang dilakukan dan dinyatakan dengan kesepakatan bersama, agar beta yang sementara menjabat sebagai kepala suku Ikim dipilih dan ditunjuk untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai ketua Ikemal periode 2023-2028”. tuturnya

Mewakili pemerintah daerah, Sekda Sorong Selatan Dance Nauw mengatakan, terbentuknya pengurus cabang organisasi Ikemal harus sejalan dengan para pendahulu dari Maluku yang sudah lebih dulu ada di tanah Papua untuk membawa terang bagi orang Papua.

“Saudara-saudara kita, bapak-bapak kita, opa-opa kita, oma kita, nyora, bapak guru dari tanah Maluku itu bisa ada di tanah papua ini, hanya datang untuk mengabarkan berita injil dan mereka mengajar. Jadi ini fakta sejarah yang harus kita ingatkan pada kita punya generasi bahwa kita ni tidak ada sekarang ini kalau tanpa kita punya tokoh-tokoh, orang tua, para penginjil yang telah hadir ditanah ini membawa terang sehingga sekarang kita nikmati”. ujarnya

Terkait itu sebagai organisasi kemasyarakatan harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan semua organiasi nusantara yang ada di Sorong Selatan, guna mewujudkan program-program pemerintah.

Kegiatan pelantikan BPC Ikemal Sorong Selatan.

Melalui surat keputusan Ikemal pusat di Tanah Papua menetapkan, Muhammad A Kilian sebagai ketua, Christ Untajana sebagai sekretaris dan A Tomasoa sebagai bendahara.

Kegiatan pelantikan itu dihadiri Sekretaris Kesbangpol Sorong Selatan, Ketua KKSS Sorong Selatan, Ketua KKST Sorong Selatan, Ketua Ikaswara Sorong Selatan, Ketua IWSS Sorong Selatan serta pengurus dan anggota Ikemal.