Daerah

Singkil Kembali di Landa Hujan dan Banjir, Dinkes Tunda Fongging

Oleh: Salihin Barus Editor: Teuku Haris Fadhillah 22 Nov 2023 - 14:55 Aceh Singkil
Singkil Kembali di Landa Hujan dan Banjir, Dinkes Tunda Fongging
Sebelum curah hujan belum tinggi di Aceh Singkil, tim dari Nakes sedang melakukan pengasapan (Fogging)

KBRN, Singkil : Hujan ekstrem dan musibah banjir kembali mengepung beberapa wilayah Kecamatan Kabupaten Aceh Singkil. Rabu (22/11/2023). 

Akibatnya upaya untuk pemberantasan penyebaran penyakit demam berdarah dengue(DBD), melalui  jentik - jentik nyamuk Aides Aeigefty, dengan metode pengasapan (Fogging) oleh Dinas Kesehatanpen terpaksa tertunda. 

" Karena cuaca sedang hujan dan bahkan beberapa titik terjadi banjir kita sementara menghentikan fogging, " sebut Raja Maringin. Kabid P2p Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Rabu (22/11/2023) 

Tambah Raja Maringin, padahal untuk mengantisipasi penyebaran DBD itu di Kabupaten Aceh Singkil. Sebelumnya, mereka telah merencanakan akan melakukan fogging (Pengasapan) di sejumlah fasilitas - fasilitas umum dan pemukiman penduduk. 

" Khusus di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara fogging akan dilakukan tim dari Dinkes. Sementara selebihnya di minta proaktif UPTD Puskesmas masing - masing, " tambahannya

Seperti diketahui, jika di lihat berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil periode Januari hingga Oktober 2023, kasus DBD yang menyerang warga di daerah Kabupaten Aceh Singkil mencapai 50 kasus. 

Bahkan dari 50 kasus tersebut, terdapat 3 diantaranya tercatat telah meninggal dunia dengan tegak diagnosa positif demam berdarah.