Daerah

Tito Karnavian: Status ASN Pj Bupati Sorong Menunggu Putusan Pengadilan

Oleh: Husni Laing Editor: Budy Rasidi 22 Nov 2023 - 11:58 Sorong
Tito Karnavian: Status ASN Pj Bupati Sorong Menunggu Putusan Pengadilan
Mendagri Tito Karnavian di Kota Sorong Papua Barat Daya. (Foto: Husni Laing/RRI)

KBRN, Sorong: Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyebutkan, bahwa terkait status Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso sebagai ASN akan diputuskan setelah adanya putusan hukum.

“Sebagai ASN kita lihat nanti, karena inikan praduga tak bersalah, jadi kita tunggu putusan pengadilan,” kata Tito di Kota Sorong, Rabu (22/11/2023).

Sanksi yang diberika bagi ASN yang melanggar hukum bisa yang ringan sampai yang berat yakni pemberhentian dengan tidak hormat.

“Yang jelas untuk sanksi kita tungga putusannya inkrah pokoknya sampai proses hukumnya selesai, baru diajukan untuk pemberhentian dengan tidak hormat,” tegasnya.

Terkait pergantian Pj Bupati Sorong, Tito mengatakan akan dilakukan komunikasi terlebih dahulu dengan Pj Gubernur Papua Barat Daya.

“Untuk pengganti nanti saya komunikasi dengan Gubernur Papua Barat Daya, dan kita prioritaskan yang berasal dari Provinsi Papua Barat Daya. Namun kata Tito jika harus didatangkan dari pusat akan dilakukan.

“Kita utamakan calon nantinya dari Papua Barat Daya. Tapi kalau memang harus dari pusat kita lakukan, karena kita ingin agar Pj Bupati itu harus bisa mengelolah anggaran untuk masyarakat dan jangan korupsi,” terangnya.