Daerah

Banjir, Sebanyak 18.633 Jiwa Penduduk di Singkil Terdampak

Oleh: Salihin Barus Editor: Teuku Haris Fadhillah 24 Nov 2023 - 21:13 Aceh Singkil
Banjir, Sebanyak 18.633 Jiwa Penduduk di Singkil Terdampak
Kondisi rumah warga di Desa Lae Riman, Simpang Kanan, Aceh Singkil yang terendam banjir. Jum'at (24/11/2023)

KBRN, Singkil : Sebanyak 18.633 jiwa dari 4.628 Kepala Keluarga (KK), di Kabupaten Aceh Singkil, terdampak banjir. Jum'at (24/11/2023). Belasan Ribu penduduk yang terdampak banjir tersebut, tersebar di 25 Desa/Kampung dari 4 Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Masing - masing, Desa Tanah Merah, Rimo, dan Desa  Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah. 

Kemudian, warga yang terdampak di Desa Pea Bumbung, Ujung Bawang, Rantau Gedang,Teluk Ambun, Teluk Rumbia, Kuta Simboling, Suka Makmur, Pemuka, Takal Pasir, Ujung, Pasar,Siti Ambia, Pulo Sarok, Selok Aceh, Kilangan dan Desa Suka Damai, Kecamatan Singkil. 

Selanjutnya, di Desa Muara Pea, Kecamatan Kuta Baharu. Serta warga di Desa Tanjung Mas Cibubukan, Lae Riman, Silatong dan Desa Ujung Limus, Simpang Kanan, Aceh Singkil. " Banjir terjadi selain air kiriman. Juga karena Intensitas hujan yang tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, " sebut Rosiana Wardani Kusuma. Jum'at malam (24/11/2023) 

Tambahnya, adapun total Korban warga terdampak di Kecamatan Gunung Meriah, 196 KK 750 jiwa. Kemudian di Kecamatan Singkil, sebanyak 4.089 KK 16.249 jiwa. 

Sementara di Kecamatan Kuta Baharu, warga terdampak terdapat  26 KK 104 jiwa. Serta di Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, warga yang  terdampak sebanyak 317 KK 1.530 jiwa. " Khusus pengungsi terdaapt 64 jiwa dari 13 KK, " tambahya

Disamping itu dampak lain dari musibah banjir ini, juga terdapat rusaknya jembatan penghubung antar Desa tepatnya di Desa Pulo Sarok. Kemudian Putusnya jembatan penghubung Kec. Singkohor Ke Kecamatan Gunung Meriah tepatnya di Desa Bukit Harapan. Serta tergerusnya jalan di Desa Sumber Mukti, Kuta Baharu, Aceh Singkil

Sementara upaya yang di lakukan, selai n Pj. Bupati Aceh Singkil, Dandim 0109 Aceh Singkil, Kapolres Aceh Singkil, Kepala Pelaksana BPBD, PUPR, DLH, dan Kadishub mengecek lokasi banjir di Kab. Aceh Singkil. Juga, Pemkab setempat menurunkan Alat berat Excavator ke lokasi jembatan rusak di Desa Pulo Sarok, dan BPBD menurunkan TRC ke lokasi banjir guna untuk dilakukan pemantauan dan pendataan. Serta BPBD menyiagakan perahu politelen. " Kondisi mutakhir saat ini ketinggian air meningkat 70 cm s/d 1,5 Meter, " tegas Rosiana 

Begitupun untuk dampak lain, beber Rosiana, kerusakan  Jembatan Penghubung antar Desa tepatnya di Desa Pulo Sarok dalam proses perbaikan. Kemudian Jalan penghubung Kec. Singkohor ke Kec. Gunung Meriah tepatnya di Desa Bukit Harapan dalam proses perbaikan.