Daerah

Harga Kedelai Impor di Kota Madiun Naik

Oleh: Eka Wulan Editor: Imam Malik 27 Nov 2023 - 11:13 Madiun
Harga Kedelai Impor di Kota Madiun Naik
Harga kedelai impor di Pasar Besar Madiun (PBM) mengalami kenaikan, Senin (27/11/2023). (Foto : Eka Wulan/RRI)

KBRN, Madiun : Harga kedelai impor di Kota Madiun mengalami kenaikan. Dari sebelumnya Rp12 ribu per kilogram, menjadi Rp14 ribu per kg.

Pedagang di Pasar Besar Madiun (PBM), Budiono mengatakan, kenaikan harga kedelai terjadi sejak dua bulan terakhir. Penyebabnya karena harga kedelai impor dari distributor mengalami kenaikan, sehingga berdampak pada tingginya harga di tingkat pedagang.

“Kenaikannya mungkin karena pasokannya berkurang, dan juga biaya pengirimannya tinggi karena kan kedelai impor ya, bukan lokal,” katanya, Senin (27/11/2023).

Ia menyebut, peminat kedelai impor di Kota Madiun cukup tinggi. Sebab banyak warga yang membuka sentra produksi tempe dan tahu.

“Malah sekarang kedelai impor mendominasi, karena kedelai lokal itu jarang. Mungkin petani tidak menanam kedelai, sehingga stoknya terbatas sekali,” ucapnya.

Budi menuturkan, kenaikan harga kedelai terjadi secara fluktuatif. Diakuinya, banyak keluhan dari konsumen terutama pengrajin tahu tempe, namun demikian, mereka tetap membeli dengan segala konsekuensi.

“Mereka mau nggak mau ya ngikut, harga mahal ya tetap dibeli agar mereka tetap berproduksi. Dan tentunya mereka tau lah cara menyikapi harga kedelai naik itu seperti apa,” katanya mengakhiri.