Daerah

Pasca Diterjang Banjir, Beberapa Layanan di Disdukcapil Masih Lumpuh

Oleh: Salihin Barus Editor: Teuku Haris Fadhillah 29 Nov 2023 - 14:50 Aceh Singkil
Pasca Diterjang Banjir, Beberapa Layanan di Disdukcapil Masih Lumpuh
Stabilizer di Disdukcapil Aceh Singkil yang rusak pasca terendam banjir.

KBRN, Singkil : Pasca terjadinya banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sejak Kamis malam (23/11/2023), hingga Senin (28/11/2023) yang menyebabkan beberapa fasilitas umum terendam dan sejumlah peralatan elektronik ikut tergenang. Akibatnya, sejumlah layanan umum pada di daerah itu, masih tercatat belum berjalan (lumpuh). 

Seperti, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) misalnya, karena sejumlah peralatan (Stabilizers) terendam air pada saat banjir mengenangi seluruh ruangan di instansi tersebut. Hingga hari ini Rabu (29/11/2023), layanan yang berbasis dalam jaringan masih belum optimal. 

Hal tersebut di benarkan oleh Kepada Disdukcapil Kabupaten Aceh Singkil, Yakup. SE. Melalui tenaga Administrator data base, Linda Saputra. Kepada RRI, Rabu (29/11/2023). " Khusus layanan berbasis jaringan masih lumpuh, " sebut Linda Saputra

Terutama, pelayanan yang menggunakan peralatan elektronik (komputer). Baik untuk pelayanan rekam dan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran dan cetak dokumen Kartu Keluarga (KK). " Karena stabilizer rusak, Listrik blom bisa di hidupkan. Akibatnya jaringaa dan system terpaksa terhenti, " tambahnya

Seperti diketahui, akibat dari tingginya intensitas hujan belakangan ini di Kabupaten Aceh Singkil, menyebabkan sungai Lae Cinendag Simpang Kanan, dan Sungai Lae Sulampi, Suro, meluap. 

Dampaknya selain puluhan Desa/Kampung sempat tergenangi air dengan ketinggian yang bervariasi. Juga sejumlah fasilitas umum di daerah itu terendam, seperti, sekolah dan fasilitas kesehatan (Poskesdes dan Pustu). Serta Kantor atau instansi.