Daerah

Singkil Kembali Banjir, Puluhan Ribu Penduduk Terdampak

Oleh: Salihin Barus Editor: Teuku Haris Fadhillah 04 Dec 2023 - 19:31 Aceh Singkil
Singkil Kembali Banjir, Puluhan Ribu Penduduk Terdampak
Rumah warga di Desa Ujung Bawang, Singkil, Aceh Singkil, yang terendam banjir. Foto : Salihin Barus, Senin (4/12/2023)

KBRN, Singkil : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, sebanyak 20. 087 jiwa penduduk di Kabupaten Aceh Singkil terdampak banjir. Minggu (3/12/2023). 

Puluhan ribu jiwa warga yang terdampak banjir itu, tersebar pada 27 Desa/Kampung yang terdapat di 5 Kecamatan, Kabupaten Aceh Singkil. 

" Total terdampak banjir kali ini, terdapat 20.087 jiwa penduduk dari 5.157 KK tersebar di 27 Desa/Kampung, " Rosiana Wardani Kusuma. Petugas Pusdalops BPBD Aceh Singkil, Minggu malam (3/12/2023) 

Tambahnya, adapun Desa/Kampung yang terdampak banjir kali ini. Yaitu masing-masing di Kecamatan Gunung tercatat, Desa Tanah Merah, Desa Rimo, Desa Cingkam. 

Kemudian di Kecamatan Singkil, Desa Pea Bumbung, Desa Ujung Bawang, Desa Rantau Gedang, Desa Teluk Ambun, Desa Teluk Rumbia, Desa Kuta Simboling, Desa Suka Makmur, Desa Pemuka, Desa Takal Pasir, Desa Ujung, Desa Pasar, Desa Siti Ambia, Desa Pulo Sarok, Desa Selok Aceh, Desa Kilangan dan Desa Suka Damai. 

Sementara di Kecamatan Kuta Baharu dan Simpang Kanan. Antara lain di Desa Muara Pea, Desa Lentong, Desa Danau Bungara, Desa Tanjung Mas, Cibubukan, Lae Riman, Silatong, dan Desa Ujung Limus. 

" Begitupun untuk Kecamatan Singkil Utara, terdapat di Kampung Baru, " tambahnya

Lebih lanjut, selain musibah banjir berdampak terendamnya rumah penduduk. Juga terang Rosiana beberapa badan jalan Provinsi ikut terendam. Antara lain, badan jalan di Desa Ujung Bawang Kec. Singkil dan di Desa Kampung Baru Kec. Singkil Utara. Serta Jalan Silatong, Simpang Kanan, Aceh Singkil. 

Kemudian, terendamnya jalan penghubung antar Desa dan sejumlah fasilitas umum. Seperti sekolah, rumah ibadah (Mesjid) serta beberapa gedung perkantoran milik Pemkab Aceh Singkil. 

Sedangkan upaya untuk penanganan yang di lakukan atas peristiwa banjir tersebut, kata Rosiana, sementara peninjauan yang di lakukan Pj. Bupati Aceh Singkil, di dampingi pejabat Forkopimda lain dan beberapa Kepala SKPK di lokasi banjir.

Disamping itu juga, Pemkab menurunkan Alat berat Excavator ke lokasi jembatan rusak di Desa Pulo Sarok dan  BPBD menurunkan TRC ke lokasi banjir guna untuk dilakukan pemantauan dan pendataan. Serta juga BPBD menyiagakan perahu politelen untuk mengevakuasi masyarakat. 

Hasil pantauan Pemkab Aceh Singkil melalui BPBD, DINSOS, TNI/POLRI DAN DINKES membuka posko Mobil Dapur Lapangan penanganan banjir dan pelayanan kesehatan terpadu di Desa Ujung Bawang dan Desa Suka Makmur daan membuka Posko Dapur Umum di 16 Desa di Kec. Singkil dalam Kab. Aceh Singkil