Daerah

Sekolah di Aceh Singkil terendam banjir, ujian semester ditunda

Oleh: Salihin Barus Editor: Teuku Haris Fadhillah 04 Dec 2023 - 19:34 Aceh Singkil
Sekolah di Aceh Singkil terendam banjir, ujian semester ditunda
Salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Singkil masih digenangi air banjir. Foto : Salihin Barus, Senin (4/12/2023)


KBRN, Singkil : Sejumlah gedung sekolah baik dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Aceh Singkil terendam banjir, ribuan siswa di sekolah tersebut terpaksa diliburkan dan ujian akhir semester terpaksa ditunda.

" Karena fasilitas masih tergenangi air kita menunda sementara ujian akhir semester ganjil tahun ini, " sebut Edy Widodo, S. KM, M. Kes. Selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil, Senin (4/12/2023). 

Menurutnya, untuk menentukan waktu dan jadwal yang akan di tetapkan pelaksanaan ujian sementer pertama bagi siswa dan sekolah yang terdampak dalam musibah banjir kali ini. Edy Widodo menegaskan, pihaknya akan membahas dan merapatkan dengan Kepala Sekolah (Kepsek) yang sekolah terendam banjir.

" Besok akan kita bahas secara teknis penetapan pelaksanaan ujian tersebut, " tambahnya

Sebab, selain waktu dan tempat (lokasi) sekolah yang akan digunakan sementara dalam menyukseskan kegiatan ujian ini bagi para siswa - siswi yang sekolah mereka yang masih terendam banjir. Juga jam yang akan di berlakukan perlu di sepakati. 

" Terutama sekolah - sekolah yang tergenang air di Kecamatan Ibu Kota Aceh Singkil. Yakni Kembali Singkil, " tegasnya 

Seperti diketahui, akibat intensitas curah hujan yang tinggi terjadi pada Sabtu malam (2/12/2023), membuat meluapnya air sungai didaerah itu. Sehingga, selain merendam ribuan rumah penduduk, juga air banjir menggenangi beberapa fasilitas umum. Seperti sekolah, jalan umum, rumah ibadah (Mesjid) dan Gedung Kantor Milik Pemkab Setempat. 

Bahkan jika melihat catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, terdapat sebanyak 18 Sekolah Dasar (SD) terendam. Kemudian, Sekolah TK dan PAUD terdapat 10 unit. Serta gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, sebanyak 3 sekolah.