Daerah

Polda Kaltim Gelar Seminar Identifikasi Korban Mati pada Bencana Karhutla

Oleh: M.Imran Editor: Alfian 07 Dec 2023 - 12:22 Samarinda
Polda Kaltim Gelar Seminar Identifikasi Korban Mati pada Bencana Karhutla
Seminar Sinergitas dan Kolaborasi dalam Identifikasi Korban Mati pada Disaster Karhutla. dok. Humaspoldakaltim

Sebuah langkah maju dalam penanggulangan bencana karhutla, Polda Kaltim menyelenggarakan seminar bertajuk "Sinergitas dan Kolaborasi dalam Identifikasi Korban Mati pada Disaster Karhutla”, Rabu (6/12/2023) kemarin.

Kegiatan Seminar ini digelar di Grand Ballroom Jatra Hotel Balikpapan yang dihadiri oleh Kapusdokkes Polri yang diwakili oleh Brigjen Pol dr. Nyoman Eddy Purnama Wirawan, Sp. FM, Karoodokpol Pusdokkes Polri sekaligus menyampaikan materi Peran Dokkes dalam Identifikasi Korban Mati pada Disaster Karhutla, demikian pula dihadiri oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Mujiyono, S.H., M.Hum, dan diikuit Dir Lantas, Dir Polairud, Dir Binmas, Kabid Keu, Kabid Dokkes, Kabid Propam Polda Kaltim, serta dari Instansi terkait sebagai Narasumber.

Sedangkan para peserta dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, Dinas Kehutanan Prov. Kaltim, Dinas Sosial Prov. Kaltim, BPBD Prov. Kaltim, Basarnas Balikpapan, Dinas Damkar Balikpapan, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, perwakilan UPTD KPHP Kota se-Kaltim.

Diskusi yang melibatkan pakar di bidang penanggulangan bencana, medis forensik, dan manajemen krisis juga menjadi highlight acara. Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsung dan berbagi pengalaman, sehingga terjadi pertukaran ide yang berharga untuk peningkatan kapasitas penanganan darurat.

Diharapkan, hasil dari seminar ini akan memberikan dampak positif dalam mengurangi risiko korban jiwa dan kerugian akibat bencana karhutla di Kalimantan Timur.