Pemilu

Politik Itu Menyatukan Bukan Memisahkan

Oleh: Mujtahidin Editor: Hayatun Sofian 06 Jun 2023 - 14:42 Mataram
Politik Itu Menyatukan Bukan Memisahkan
Ilustrasi

KBRN, Dompu : Lalu lintas media sosial, akhir-akhir ini, banyak di hiasi sosialisasi pencalonan Bakal Calon Preseden. Tidak sedikit, postingan-postingan yang dilontarkan simpatisan bakal calon presiden ini, menyerang bakal calon lain. Kondisi ini, di khawatirkan akan menimbulkan gaduh, tidak hanya di dunia maya, namun juga berdampak pada dunia nyata.

Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia, Kabupaten Dompu, Irmansyah Soebari mengajak semua elemen masyarakat, untuk tidak menggunakan cara-cara yang berimbas pada perpecahan.

"Politik itu menyatukan, bukan memecah belah," katanya, Selasa (6/6/2023).

Kepolisian, kata Irmansyah Soebari, harus bergerak cepat melakukan antisipasi gaduhnya media sosial ini. Sebab, bisa jadi, ke fanatikan simpatisan terhadap bakal calon ini, bisa berimbas pada konflik komunal. Polisi dengan Cyber Crime nya, memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan cepat.

Tidak hanya Kepolsian, Bawaslu, sebagai lembaga yang mendapat amanat untuk memastikan jalannya pemilu berjalan sesuai relnya, juga melakukan antisipasi lebih dini. 

"Pengawasan partisipatif yang di bangun Bawaslu, bisa di gerakkan untuk menggalih informasi dan melakukan pencegahan," sarannya.

Yang terpenting, lanjut Irmansyah Soebari, semua elemen termasuk pengurus parpol, harus memberikan pendidikan politik kepada simpatisannya. Cara ini, lebih efektif sehingga pemilu bisa di jaga dengan sejuk.