Mudik Lebaran 2023

Cara Tukar Uang Receh untuk Lebaran 2023 dan Persyaratannya

Oleh: Farhan Ibnu Editor: Iwan Bagus Irawan 18 Apr 2023 - 14:37 Jakarta
Cara Tukar Uang Receh untuk Lebaran 2023 dan Persyaratannya
Cara Tukar Uang Receh untuk Lebaran 2023 dan Persyaratannya

KBRN, Jakarta : Saat hari raya lebaran Idul Fitri, sudah menjadi tradisi bagi sejumlah masyarakat untuk berbagi uang tunjangan hari raya atau THR kepada sanak saudara terutama anak-anak. THR yang dibagikan biasanya berupa uang dengan kondisi baru. Maka tak heran, menjelang hari raya banyak masyarakat yang menukarkan uang baru atau uang receh.

Umumnya masyarakat menukar uang baru dengan pecahan receh seperti nominal seribu, dua ribu, lima ribu, 10 ribu dan 20 ribu. Penukaran uang receh baru untuk lebaran dibuka mulai 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023. Cara tukar uang receh untuk lebaran dapat dilakukan di bank-bank seluruh Indonesia atau melalui Kas Keliling PINTAR. 

Apabila Anda tertarik, maka perlu mengetahui syarat dan cara tukar uang receh untuk lebaran 2023 berikut.

Syarat Penukaran Uang Receh Untuk Lebaran

Sebelum melakukan penukaran, Anda wajib memperhatikan syarat uang yang akan ditukarkan. Berikut syarat Penukaran uang receh untuk lebaran dikutip dari laman pintar.bi.go.id:

- Pecahan uang yang akan ditukarkan harus asli. Uang cacat bisa ditukarkan asal masih menyatu minimal dua per tiga ukuran aslinya. 

- Penukaran uang nominalnya mulai Rp1.000 hingga maksimal Rp3,8 juta. 

- Jumlah penukaran uang logam sebanyak 250 keping untuk setiap pecahan uang logam.

- Jumlah penukaran uang kertas dalam kelipatan 100 lembar untuk masing-masing pecahan uang kertas.

- Uang yang akan ditukar harus layak dan memenuhi syarat tukar uang baru 2023, meliputi bebas dari penggunaan perekat, lakban, selotip, maupun staples.

- Uang yang diserahkan kepada petugas wajib dipisah berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi serta disusun searah.

Cara Menukarkan Uang Receh Untuk Lebaran

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menukarkan uang receh lebaran. Anda bisa melakukannya melalui Kas keliling PINTAR, bank terdekat atau secara offline. Simak langkah-langkah cara menukarkan uang receh untuk lebaran berikut ini. 

- Cara Tukar Uang Receh Lebaran via Kas Keliling PINTAR

- Akses situs https://pintar.bi.go.id lewat perangkat digital.

- Tekan menu ‘Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’.

- Pada kolom ‘Pemesanan Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’, pilih ‘Provinsi’ sesuai wilayah domisili Anda.

- Klik tombol ‘Lihat Lokasi’.

- Tentukan tanggal, lokasi, dan jam operasional sesuai daftar yang tertera.

- Klik tombol ‘Pilih’ berwarna hijau di sisi kanan layar untuk melanjutkan cara tukar uang 2023.

- Lengkapi ‘Data Pemesan’ yang terdiri atas NIK dan nama lengkap sesuai KTP.

- Isi ‘Informasi Kontak’, yakni nomor telepon dan alamat email.

- Klik tombol ‘Lanjutkan’.

- Masukkan jumlah keping atau lembar uang Rupiah yang hendak ditukar.

- Simpan bukti pemesanan yang diperoleh.

- Setelah itu, bawa uang, KTP, dan bukti pemesanan sesuai waktu serta lokasi. 

Cara Tukar Uang Receh Lebaran via Bank

Untuk penukaran uang receh baru melalui bank, Anda bisa langsung datang ke bank terdekat. Namun sebelum itu, pastikan bank yang Anda tujuan menerima penukaran uang baru. Simak langkah-langkah nya berikut ini. 

- Anda bisa langsung datang ke bank terdekat dari lokasi Anda. 

- Jika sebagai nasabah, silakan membawa kartu ATM, buku rekening untuk rekening yang diberikan fasilitas buku rekening, dan kartu identitas asli (e-KTP asli).

Cara Tukar Uang Receh Lebaran via Offline

Anda bisa menukar uang receh baru Lebaran 2023 secara offline di kas keliling yang tersedia di jalur mudik. Layanan tukar uang di jalur mudik ini tersedia mulai mulai 15-19 April 2023. Untuk menukar uang secara offline di jalur mudik, masyarakat tidak perlu mendaftar di laman PINTAR BI.

Lokasi Penukaran Uang Receh Keliling

Bank Indonesia telah menyiapkan 5.066 titik lokasi penukaran uang receh yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Anda bisa mencari lokasi penukaran uang receh keliling terdekat melalui laman https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling

Selain titik tersebut, Bank Indonesia juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui:

- Kas keliling di pusat keramaian seperti terminal, pasar, dan stasiun

- Kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) 

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masjid At Tin, Masjid Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. 

Selain itu, lokasi penukaran uang receh keliling tersedia juga di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023.

Anda juga bisa melakukan penukaran uang baru di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. Perlu diketahui, untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Sementara itu, mulai tanggal 15-19 April 2023 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran uang receh di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR.