Kesehatan

Tapai Singkong Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan

Oleh: Tika Oktavia Editor: Salma Amin 06 Dec 2023 - 12:54 Nunukan
Tapai Singkong Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan
Tapai singkong yang kaya akan manfaat untuk kesehatan

KBRN, Nunukan: Tapai atau biasa juga disebut tape adalah kudapan khas atau makanan tradisional masyarakat Indonesia yang merupakan hasil dari fermentasi. Salah satu tapai favorit masyarakat adalah tapai singkong. Camilan jadul satu ini masih banyak peminatnya karena tapai singkong atau biasa disebut Peuyeum ini memiliki rasa manis yang sangat unik dan khas. Selain itu, memiliki tekstur yang lembut dan tidak bisa ditemukan pada makanan lain.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, tapai singkong juga sering diolah menjadi minuman segar dengan mencampurkan tapai dan sirup, susu dan es batu. Tidak hanya enak, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tapai singkong.

Singkong sendiri merupakan umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Makanan sehat tersebut kaya akan vitamin C penting yang bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendukung produksi kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, singkong  juga kaya akan tembaga yang merupakan mineral penting untuk produksi energi, metabolisme, zat besi dan masih banyak lagi. Ketika diolah melalui proses fermentasi, hal itu juga bisa menambah manfaat singkong tersebut. Kandungan asam laktat pada singkong dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah tertular virus penyakit, serta tubuh pun akan terasa lebih sehat.

Meskipun tapai singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan batas konsumsi yang disarankan, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang difermentasi dapat berisiko bagi kesehatan.