Kesehatan

Manfaat Makan Lidah Sapi Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh: Roki Eka Putra Editor: Dudi 23 Nov 2022 - 19:16 Bengkulu
Manfaat Makan Lidah Sapi Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi lidah sapi

KBRN, Bengkulu : Lidah sapi merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang lumayan banyak diminati. Cara pengolahan daging lidah sapi pun beragam, mulai dari ditumis kental dalam saus, direbus, diasamkan, atau dipanggang.

Dilansir laman Sehatq. Meski dikenal sebagai makanan berkolesterol tinggi, lidah sapi adalah daging organ yang masih menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai berikut.

1. Menyediakan Protein

Lidah sapi adalah sumber protein tinggi yang cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet tinggi protein. Per 3 ons-nya, lidah sapi memiliki kandungan protein sebesar 16 gram yang juga menyediakan semual asam amino esensial bagi tubuh.

Protein dari lidah sapi dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, meningkatkan imun melalui pembentukan antibodi esensial oleh tubuh, sekaligus menguatkan jaringan tubuh. Asalkan mampu membatasi konsumsinya supaya tidak berlebihan, lidah sapi tidak akan membahayakan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Selain protein, kandungan unggulan di dalam lidah sapi adalah vitamin B12 dan kolin. Keduanya adalah nutrisi yang tubuh perlukan untuk meningkatkan maupun menjaga kesehatan sistem saraf. Mielin adalah salah satu bagian sistem saraf yang berfungsi membungkus akson (keduanya adalah penghantar listrik).

Mielin ini terbentuk berkat adanya kadar vitamin B12 yang cukup di dalam tubuh sehingga saraf dapat dilindungi oleh mielin ini secara optimal. Sementara itu, untuk komunikasi antar saraf berjalan dengan maksimal, kolin adalah komponen bahan kimia yang tubuh perlukan.

Di dalam 3 ons lidah sapi yang sudah dimasak mengandung 24% kebutuhan harian kolin untuk pria dan 31% kebutuhan harian kolin untuk wanita. Sementara untuk vitamin B12, ada 2,7 mcg bagi kebutuhan harian tubuh dengan mengonsumsi 3 ons lidah sapi masak.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Lidah sapi juga mengandung mineral zinc yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Di dalam 3 ons sajian lidah sapi masak, terdapat kandungan zinc sebesar 3,5 mg, yakni 44% dari kebutuhan harian zinc pada wanita dan 32% pada pria. Dengan pemenuhan kebutuhan tubuh terhadap zinc, sistem daya tahan tubuh lebih kuat sehingga akan lebih jarang terserang penyakit.

4. Mengurangi Risiko Kelelahan dan Anemia

Lidah sapi memiliki kandungan mineral zat besi yang akan membantu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh sehingga oksigen tak tersuplai ke seluruh tubuh secara maksimal. Hal tersebut akan membuat tubuh penderitanya mudah lelah, pucat dan bahkan pingsan.

Lidah sapi per 3 ons sajian (yang sudah dimasak) mampu memenuhi 28% kebutuhan zat besi harian tubuh bagi pria dan 12% bagi wanita dengan kandungan 2,2 mg zat besi di dalamnya. Manfaat makan lidah sapi baru akan diperoleh tubuh jika mengonsumsinya secukupnya (tidak berlebihan) supaya tidak justru meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan berbagai masalah kesehatan terkait.