Olimpik

Targetan Kaltim Menuju PON Masih Bersifat Sementara

Oleh: Rendy Fahlepy Kusuma Editor: Achmad Junaidi 07 Dec 2023 - 20:37 Samarinda
Targetan Kaltim Menuju PON Masih Bersifat Sementara
Saat pelaksanaan Rakor KONI Kaltim bersama cabor yang dipersiapkan ke PON. (Dok. Rendy)

KBRN, Samarinda: KONI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) belum lama inu telah selesai melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama 50 cabang olahraga (cabor) yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di Aceh dan Sumut mendatang.

Dari hasil rapat tersebut juga sementara ini menyepakati sudah menargetkan sebanyak 70 emas, 70 perak dan 64 perunggu, berdasarkan targetan yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan cabor.

Wakil Ketua I KONI Kaltim, Ego Arifin menjelaskan bahwa hasil targetan ini memang masih bersifat sementara dan belum final, sebab perlu adanya pendalaman yang akan dikaji oleh Binpres KONI bersama pelatih cabor.

"Apa yang kita pikirkan dan rencanakan semua cabor dari 50 cabor yang lolos medali sudah menyampaikan dan hasilnya satu per satu mereka sampaikan hasil dan target. Targetnya kita lihat tadi sudah sekian medali emas kemudian semua itu dari 50 cabor tentunya bahasa kasarnya kita tidak bisa menerima langsung tetapi harus perlu pendalaman," ucap Ego Arifin kepada awak media.

Lebih lanjut, pendalam tersebut akan mulai dilaksanakan pada 11 Desember 2023 nanti di kantor KONI Kaltim.

Ego menerangkan bahwa cabor yang telah menyampaikan targetannya perlu mempertanggungjawabkan hal itu nantinya dengan menjelaskan secara rinci mengenai medali yang dibicarakan.

"Pendalaman itu nanti tangal 11 inshaAllah kita panggil satu persatu cabor untuk mempertanggung jawabkan apa yang disampaikan dan harus disampaikam secara mendetail siapa saja yang dapat medali, di nomor apa dan berikutnya kalian yakin apakah di provinsi lain tidak ada atlet di nomor itu yang tau adalah mereka," katanya menjelaskan.

Jika hal itu bisa berjalan lancar, maka ada pembahasan yang berkelanjutan nantinya.

"Kalau itu bisa kita bicarakan bersama kemudian perlu bantuan dari segi non teknis maupun teknis, kita akan bersama-sama menyelesaikan," ujarnya Ego.

Karena masih sementara maka targetan yang disampaikan oleh perwakilan cabor tersebut untuk saat ini ditampung dahulu, kemudian diperdalam kembali mengenai potensi medali. Sebab Ego mentakan jika pengajian perlu adanya pendalam agar Kaltim sukses meraih medali di PON yang akan datang.