Pemilu

KIP Ingatkan Parpol dan Caleg Patuhi Jadwal Kampanye

Oleh: Salihin Barus Editor: Munzir Permana 21 Nov 2023 - 17:33 Aceh Singkil
KIP Ingatkan Parpol dan Caleg Patuhi Jadwal Kampanye
M. Nasir Ketua KIP Kabupaten Aceh Singkil

KBRN, Singkil : Sebelum memasuki masa kampanye, Partai Politik (Parpol) maupun Calon anggota Legislatif (Caleg) diimbau tidak melakukan pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Sebab jika melihat jadwal dan tahapan Pemilu 2024, masa kampanye itu baru  akan dimulai pada 28 November 2023 mendatang. 

Untuk itu, agar dalam pelaksanaan Pemilu bisa tertib dan berlaku adil untuk semua partai di Kabupaten Aceh Singkil. Ketua KIP Aceh Singkil, M. Nasir meminta kepada peserta Pemilu dapat mempedomani dan mengikuti ketentuan yang sudah diatur PKPU 15 Tahun 2023.

" Waktu tersebut baru dapat dimanfaatkan oleh Parpol maupun Caleg untuk bersosialisasi kepada masyarakat dan memasang APK," sebut M. Nasir. Selasa (21/11/2023) 

Ditambahkanya, Kesadaran partai dan Caleg sangat diharapkan, untuk tidak mendahului pemasangan APK sebelum waktu yang ditentukan dalam PKPU. 

" Jika melihat jadwal, kampanye  di mulai 28 Nop 2023 sampai 10 Feb 2024," tambahnya 

Sementara untuk Penentuan titik lokasi pemasangan APK ini, M. Nasir mengatakan. Kedepan, pihaknya akan memberitahukan  kepada peserta Pemilu, dan sekaligus akan dibahas dalam rapat kampanye umum. 

Sekeder di ketahui, dari 23 Partai Politik (Parpol) yang tercatat menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang. Baik Partai Nasional (Parnas) maupun  Partai Lokal (Parlok) di Kabupaten Aceh Singkil.

 Sedikitnya, ada sebanyak 292 orang Calon Legislatif (Caleg) yang ditetapkan memenuhi syarat (MS). Terdiri dari, sebanyak 187 orang merupakan calon sementara laki-laki. Sedangkan selebihnya, merupakan calon  unsur dari keterwakilan perempuan.