Pemilu

Hari Pertama Kampanye, Ini Kata Para Tim Capres-Cawapres Daerah di Madiun Raya

Oleh: Ahmad Yusron Fatahi Editor: Imam Malik 28 Nov 2023 - 18:19 Madiun
Hari Pertama Kampanye, Ini Kata Para Tim Capres-Cawapres Daerah di Madiun Raya
Hari Pertama Kampanye, Ini Kata Para Tim Capres-Cawapres Daerah di Madiun Raya

KBRN, Madiun: Memasuki masa kampanye Pemilu 2024 para tim Capres-Cawapres mulai bergerak melakukan berbagai upaya untuk menarik simpati publik, termasuk di daerah.

Prianda M. Lukito, Ketua Tim Kampanye AMIN kota Madiun (Pasangan Capres Cawapres Nomor 1 Anies -Muhaimin) mengatakan bahwa konsolidasi terus dilakukan Tim AMIN baik pada koalisi partai di daerah maupun relawan.

“Kami di koalisi cukup solid dan relawan kami cukup proaktif. Insya Allah Madiun Raya cukup mudah karena pasangan yang lengkap, pak Anies yang cerdas dan Cak Imin yang humoris bisa masuk di kalangan grassroot,” ujar ketua MPD PKS Kota Madiun itu saat berbincang pada dialog Programa 1 RIRI Madiun dengan tema 'Membaca Peta Politik Pilpres 2024 di Madiun Raya' Selasa (28/11/2023).

Baca juga: Peta Politik Pilpres 2024 di Madiun Raya, Ini Kata Pengamat

Sementara itu Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Pacitan Kristanto Waloyo menyebut bergabungnya Partai Demokrat di koalisi Indonesia Maju bukanlah hal yang baru, karena pada Pilpres sebelumnya juga mengusung Capres yang sama.

“Kita masih sama dukung pak Prabowo, yang baru adalah masuknya cawapres Gibran sebagai semangat muda. Kita akan buktikan keberadaan mas Gibran juga mampu mendongkrak bukan hanya elektabilitas tapi pemahaman baru soal pandangan politik masyarakat kita,” kata Ketua Bapilu DPC Partai Demokrat Pacitan itu meyakinkan.

Masih pada kesempatan yang sama, anggota relawan Tim Pemengan Ganjar-Mahfudz Kabupaten Ngawi Muhtar Shodiq mengatakan kedekatan kultur dan Wilayah Ngawi dengan Jawa Tengah cukup mampu memberikan kontribusi bagi elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfudz.

“Kami ini warga Ngawi yang dekat dengan Jawa Tengah bisa melihat kinerja Pak Ganjar yang insya Allah berkolaborasi dengan Pak Mahfudz semakin oke. Selain itu soal anak muda tim kami paling asik koq,” paparnya.

Program Dialog Programa 1 RRI Madiun dengan tema ‘Membaca Peta Politik Pilpres 2024 di Madiun Raya’ bersama tiga tim Capres-Cawapres dari Kota Madiun, Pacitan, Ngawi dan Pengamat politik, Selasa (28/11/2023)

Pengamat politik Universitas Muhamamadiyah Ponorogo Ayub Dwi Anggoro,  mengatakan para tim harus mampu menangkap apa yang menjadi aspirasi publik terutama pemilih millenial dan Gen Z

“Kampanye bukan hanya soal reputasi dan elektabilitas. Jangan sampai elite politik gagal memotret apa yang dikehendaki  Gen Z meski mereka semua mengaku paling Gen Z ya, harus ada saluran-saluran ekspresi untuk mewadahi mereka,” ucapnya.

Yang tak kalah penting Menurut Dekan FISIP itu adalah Transparansi, Saling kontrol dan mengingatkan guna memastikan demokrasi yang sehat.

“Apa yang disampaikan Presiden soal politik damai dan terbuka harus kita kawal secara bersama-sama  agar tidak hanya retorika semata,” tandas Ayub.

“Mari kita jadikan Pemilu 2024 lebih baik dari Pemilu-pemilu seblumnya, baik secara kualitas dan kualitas,” kata Ayub mengakhiri.