Pemilu

Ribuan Pamsung Siap Kawal Pemilu 2024

Oleh: Salma Amin Editor: Rustam Sayuti 06 Dec 2023 - 13:16 Nunukan
Ribuan Pamsung Siap Kawal Pemilu 2024
Bupati Nunukan, Asmin Laura saat membuka Bimtek pengamanan langsung (Pamsung) TPS di Kabupaten Nunukan. (Dok. Salma Amin).


KBRN, Nunukan: Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Satuan Polisi Pamong Praja merekrut seribu lima ratus empat puluh dua petugas Pengamanan Langsung Tempat Pemungutan Suara (Pamsung) TPS. Pamsung tersebut akan ditugaskan di 763 TPS yang tersebar di 21 kecamatan sekabupaten Nunukan.

Sebelum bertugas, mereka diberikan bimbingan teknis terkait tugas dan fungsinya untuk mendukung kelancaran pemilu 2024 mendatang. Dalam kesempaatn itu, Bupati Nunukan, Asmin Laura usai membuka bimtek tersebut menyampaikan agar pamsung ini benar-benar memahami tugasnya.

“Mereka tentu harus mengikuti arahan semua bimtek ini dengan baik supaya paham apa yang mereka nantinya kerjakan saat pelaksanaan”, ucapnya, Rabu (06/12/2023).

 

Petugas pamsung bertanggungjawab penuh terhadap pengamanan dan pengawalan kotak serta surat suara sejak tiba di TPS dan bertanggungjawab terhadap ketertiban dan keamanan di dalam TPS. Selain itu, para petugas pamsung ini juga diminta agar menjaga netralitas, tidak memihak kepada salah satu peserta pemilu.

“Itu yang paling penting harus bersikap netral. Di samping itu juga ada tugas-tugas lain selama bertugas di TPS”, katanya.

 

Laura juga mengingatkan agar senantiasa berkomunikasi dengan pengamanan lainnya seperti TNI-Polri untuk memastikan proses pemungutan hingga penghitung suara berjalan dengan damai.