Sepak Bola

Pesepak Bola Justin Hubner Resmi Jadi WNI

Oleh: Asniar Litiloly Editor: Bunaiya 06 Dec 2023 - 16:21 Pusat Pemberitaan
Pesepak Bola Justin Hubner Resmi Jadi WNI
Justin Hubner mencium Bendera Merah Putih usai pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023) (Foto: PSSI).

KBRN, Jakarta: Pesepak bola muda Justin Quincy Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Status tersebut diperoleh Hubner usai pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Usai pengambilan sumpah, Hubner pun mengucap syukur atas proses yang dijalani berjalan lancar. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan semua pihak yang mempermudah proses naturalisasinya.

"Perasaan saya sangat senang, ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, pemerintah Indonesia," katanya, di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

Hubner mengungkapkan, ia tidak sabar ingin segera bergabung dengan Timnas Indonesia. Pemain kelahiran 14 September 2003 ini bahkan bermimpi ingin membawa Indonesia lolos Piala Dunia 2026.

"Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan,” ujar Hubner.

"Laga terdekat bermain di Piala Asia 2023 di Qatar, semoga kami dapat meraih prestasi terbaik di ajang tersebut. Saya juga ingin membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang," ucap pemain jebolan FC Den Bosch ini.

Sebelum pengambilan sumpah, Hubner terlebih dahulu telah melewati proses naturalisasi seperti rekan-rekannya yang lain. Ia harus mengantongi persetujuan Rapat Paripurna DPR RI, hingga persetujuan Presiden Jokowi melalui Keppres permohonan naturalisasi.

Hubner memiliki darah Indonesia dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner. Rudolf Hubner lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 11 Agustus 1948.

Pemain berpostur 187 sentimeter ini sebelumnya juga sempat memperkuat Timnas Belanda U-19. Saat ini Hubner merumput di Liga Primer Inggris, bersama Wolverhampton Wanderers, sebagai bek tengah.